Minggu, 19 April 2020

PENGEMBANGAN NILAI AGAMA,MORAL,AGAMA,SOSIAL DAN EMOSIONAL

A .NILAI AGAMA
Sesuai PP Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no.137 Tahun 2014
Pengembangan nilai agam dan moral merupakan salah satu muatan kurikulum pendidikan anak usia dini.Program tersebut mencakup perwujudan suasana belajar untuk berkembangnya perilaku baik yang bersumber dari nilai agama dan moral serta sumber dari kehidupan bermasyarakat dalam konteks bermain.mengarah pada perkembangan perilaku keagamaan dan moral anak dalam dimensi vertikal ketundukan dan ketaatan kepada Tuhan .
1.Sifat-sifat Pemahaman Anak Taman kanak-kanak pada Nilai Agama.
@.UNREKFLECTIVE : Pemahana atau kemamapuan anak dalam  mempelajari nilai agama sering menampilkan tidak serius.(belum mampu memahami konsep agama).
@.EGOSENTRIS : Anak dalam mempelajari agama belum mampu  bersikap yang konsisten,(anak lebih fokus pada kegiatan yang menguntungkan dirinya)
@.MISUNDERSTAND : Anak mengalami salah pengertian dalam memahami suatu ajaran  agama yang bersifat abstrak.
@.VERBALIS dan RITUALIS : Mengembangkan nilai -nilai agama pada diri anak dengan cara mengenalkan istilah ,bacaan dan ungkapan yang bersifat agama.(misal:menghafal doa,memperagakan dan mengucapkan dst.)
@.IMITATIVE : Anak banyak belajar meniru apa yang anak lihat langsung.
B.MORAL
Moral adalah ukuran baik buruknya seseorang sebagai pribadi atau masyrakat menurut Suseno(1998).
esensi pengembangan nilai agama dan moral ditunjukkan anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu  pertumbuhan dan perkembangan jasmani,rohani, agar anak mampu siap  dalam pendidikan selanjutnya.serta untuk mencapain keberhasilan pengembangan nilai agam dan moral maka guru dapat melakukan melalui bentuk kegiatan rutin,kegiatan spontan,dan keteladanan.
RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN NILAI AGAM DAN MORAL
USIA  ANAK 4-5 TAHUN
- Mengetahui agama yang dianut
- Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar.
- Mengucapkan doa sebelum dan atau sesudah melakukan sesuatu.
- Mengenal prilaku baik /sopan dan buruk
- Membiasakan diri berprilaku baik.
- Mengucapkan salam dan membalas salam
USIA ANAK 5- 6 TAHUN
-Mengenal agam dan tahuid
-Mengerjakan ibadah
-Berperilaku jujur ,penolong,sopan,hormat,sportif
-Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
-Mengetahui hari besar agama
-Menghormati (toleransi )agama orang lain.
C.PENGEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
Dalam perkembangan sosial dan emosional anak bersifat Aplikatif adalah diterapkan secara rutin
,Enjoyyable adalah anak menikmati dan antusias dan mudah di tiru adalah dapat dipraktekkan .
dengan menggunakan metode pengelompokkan anak,modeling dan imitating,bermain solitaire,bermain sebagai penonton,bermain pararel,bermain asosiatif,bermain kooperatif,bernaynyi dan bermain musik dst.
Ruanng lingkupnya adalah kesadaran diri,rasa tanggungjawab untuk diri sendiri dan orang lain,perilaku prososial(menunjukan antusias dalam melakukan permainan secara positif)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar