STRUKTUR KURIKULUM PAUD 2013
(PERMENDIKBUD NO. 146 Tahun
2014)
Struktur
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian muatan
kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan lama belajar.
A. Muatan
Kurikulum
Muatan kurikulum
Pendidikan Anak Usia Dini berisi program-program pengembangan yang terdiri
dari:
1.
Program
pengembangan nilai agama dan moral mencakup perwujudan suasana belajar untuk
berkembangnya perilaku baik yang bersumber dari nilai agama dan moral serta
bersumber dari kehidupan bermasyarakat dalam konteks bermain.
2.
Program
pengembangan fisik-motorik mencakup perwujudan suasana untuk berkembangnya
kematangan kinestetik dalam konteks bermain.
3.
Program
pengembangan kognitif mencakup perwujudan suasana untuk berkembangnya
kematangan proses berpikir dalam konteks bermain.
4.
Program
pengembangan bahasa mencakup perwujudan suasana untuk berkembangnya kematangan
bahasa dalam konteks bermain.
5.
Program
pengembangan sosial-emosional mencakup perwujudan suasana untuk berkembangnya
kepekaan, sikap, dan keterampilan sosial serta kematangan emosi dalam konteks
bermain.
6.
Program
pengembangan seni mencakup perwujudan suasana untuk berkembangnya eksplorasi,
ekspresi, dan apresiasi seni dalam konteks bermain.
B. Kompetensi
Inti
Kompetensi Inti
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan gambaran pencapaian Standar
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD usia 6 (enam)
tahun.
Kompetensi Inti
mencakup:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4
(KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang kompetensi PAUD dapat dilihat pada
tabel di bawah ini:
|
KOMPETENSI INTI
|
||
|
KI-1
|
|
|
|
KI-2
|
Memiliki perilaku
hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin,
mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu
menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun dalam
berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
|
|
|
KI-3
|
Mengenali diri,
keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan
indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; menalar, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
|
|
KI-4
|
Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
|
C. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran, tema
pembelajaran, dan pengalaman belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti.
Rumusan Kompetensi
Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan awal anak
serta tujuan setiap program pengembangan. Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat
kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti yaitu:
1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka
menjabarkan KI-1;
2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan
KI-2;
3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka
menjabarkan KI-3; dan
4. Kelompok 4: kelompok
Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap
kompetensi inti adalah sebagai berikut:
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
|
1.1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
|
|
1.2. Menghargai diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
KI-2. Memiliki
perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,
disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain,
mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi
dengan keluarga, pendidik, dan teman
|
2.1. Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
|
|
2.2. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
||
|
2.3. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
||
|
2.4. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
||
|
2.5 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap percaya diri
|
||
|
2.6. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
|
||
|
2.7. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
||
|
2.8. Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
||
|
2.9. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
|
||
|
2.10.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
|
||
|
2.11.Memiliki
perilaku yang dapat menye-suaikan diri
|
||
|
2.12.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
|
||
|
2.13.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
||
|
2.14.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua,
pendidik, dan teman
|
||
|
KI-3. Mengenali diri,
keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati
dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya;
mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan
bermain
KI-4. Menunjukkan
yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
3.1. Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
|
|
|
4.1. Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
||
|
3.2. Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
|
4.2. Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
|
3.3. Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik
halus
|
||
|
4.3. Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
||
|
3.4. Mengetahui cara
hidup sehat
|
||
|
4.4. Mampu menolong
diri sendiri untuk hidup sehat
|
||
|
3.5. Mengetahui cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
||
|
4.5. Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
||
|
3.6. Mengenal
benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
||
|
4.6. Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama,
warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
||
|
3.7. Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
||
|
4.7. Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar,
bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
||
|
3.8. Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
||
|
4.8. Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman,
cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, dan gerak tubuh
|
||
|
3.9. Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
||
|
4.9. Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan
rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
||
|
3.10.Memahami bahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
|
4.10. Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
|
3.11.Memahami bahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
||
|
4.11. Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
||
|
3.12.Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
||
|
4.12. Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
||
|
3.13.Mengenal emosi
diri dan orang lain
|
||
|
4.13. Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
||
|
3.14.Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
||
|
4.14. Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
||
|
3.15.Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
||
|
4.15. Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
D. Lama Belajar
1. Lama belajar merupakan keseluruhan waktu untuk memperoleh pengalaman
belajar yang harus diikuti anak dalam satu minggu, satu semester, dan satu
tahun. Lama belajar pada PAUD dilaksanakan melalui pembelajaran tatap muka.
2. Kegiatan tatap muka di PAUD dengan lama belajar sebagai berikut.
a. kelompok usia lahir sampai 2 (dua) tahun dengan lama belajar paling
sedikit 120 menit per minggu;
b. kelompok usia 2 (dua) tahun sampai 4 (empat) tahun dengan lama
belajar paling sedikit 360 menit per minggu; dan
c. kelompok usia 4 (empat) tahun sampai 6 (enam) tahun dengan lama
belajar paling sedikit 900 menit per minggu.
3. Satuan PAUD untuk
kelompok usia 4-6 tahun yang tidak dapat melakukan pembelajaran 900 menit per
minggu wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360 menit
pengasuhan terprogram
Tabel Struktur Program
Pengembangan dan Lama Belajar PAUD
|
Program Pengembangan
|
Kompetensi
|
Lahir-2 tahun
|
2-4 tahun
|
4-6 tahun
|
||
|
A.
Sikap
Spiritual
B.
Sikap
Sosial
C.
Pengetahuan
D.
Keterampilan
|
120 menit per minggu
|
360 menit per minggu
|
900 menit per minggu
terdiri atas
540 menit tatap muka dan 360
menit pengasuhan terprogram
|
900 menit per minggu
150 menit untuk 6 pertemuan per minggu atau 180 menit untuk 5 pertemuan per
minggu
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar