LAMPIRAN 1 PERMENDIKBUD 137 TAHUN 2014
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
KELOMPOK USIA 3-6 TAHUN
|
LINGKUP PERKEMBANGAN
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|||
|
USIA 3-4 TAHUN
|
USIA 4-5 TAHUN
|
USIA 5-6 TAHUN
|
||
|
I. Nilai
Agama dan Moral
|
1.
Mengetahui
perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman
perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
2.
Mengetahui
arti kasih dan sayang kepada ciptaan Tuhan
3.
Mulai
meniru doa pendek sesuai dengan agamanya
|
|
1.
Mengenal
agama yang dianut
2.
Mengerjakan
ibadah
3.
Berperilaku
jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
4.
Menjaga
kebersihan diri dan lingkungan
5.
Mengetahui
hari besar agama
6.
Menghormati
(toleransi) agama orang lain
|
|
|
II. Fisik-Motorik
A. Motorik Kasar
|
1.
Berlari
sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
2.
Naik-turun
tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
3.
Meniti
di atas papan yang cukup lebar
4.
Melompat
turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak)
5.
Meniru
gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat)
6.
Berdiri
dengan satu kaki
|
1.
Menirukan
gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
2.
Melakukan
gerakan menggantung (bergelayut)
3.
Melakukan
gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.
Melempar
sesuatu secara terarah
5.
Menangkap
sesuatu secara tepat
6.
Melakukan
gerakan antisipasi
7.
Menendang
sesuatu secara terarah
8.
Memanfaatkan
alat permainan di luar kelas
|
1.
Melakukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan,
dan kelincahan
2.
Melakukan
koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.
Melakukan
permainan fisik dengan aturan
4.
Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
5.
Melakukan
kegiatan kebersihan diri
|
|
|
LINGKUP PERKEMBANGAN
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|||
|
USIA 3-4 TAHUN
|
USIA 4-5 TAHUN
|
USIA 5-6 TAHUN
|
||
|
B. Motorik Halus
|
1.
Menuang
air, pasir, atau biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember)
2.
Memasukkan
benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
3.
Meronce
benda yang cukup besar
4.
Menggunting
kertas mengikuti pola garis lurus
|
1.
Membuat
garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan
lingkaran
2.
Menjiplak
bentuk
3.
Mengkoordinasikan
mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.
Melakukan
gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan
berbagai media
5.
Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.
Mengontrol
gerakan tangan yang meggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal,
memelintir, memilin, memeras)
|
1.
Menggambar
sesuai gagasannya
2.
Meniru
bentuk
3.
Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.
Menggunakan
alat tulis dan alat makan dengan benar
5.
Menggunting
sesuai dengan pola
6.
Menempel
gambar dengan tepat
7.
Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara rinci
|
|
|
C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
|
1.
Berat
badan sesuai Tingkat usia
2.
Tinggi
badan sesuai Tingkat usia
3.
Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar
kepala sesuai Tingkat usia
5.
Membersihkan
kotoran (ingus)
6.
Menggosok
gigi
7.
Memahami
arti warna lampu lalu lintas
8.
Mengelap
tangan dan muka sendiri
9.
Memahami
kalau berjalan di sebelah kiri
|
1.
Berat
badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi
badan sesuai tingkat usia
3.
Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar
kepala sesuai tingkat usia
5.
Menggunakan
toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.
Memahami
berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7.
Mengenal
rambu lalu lintas yang ada di jalan
|
1.
Berat
badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi
badan sesuai standar usia
3.
Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar
kepala sesuai tingkat usia
5.
Menutup
hidung dan mulut (misal, ketika batuk dan bersin)
6.
Membersihkan,
dan membereskan tempat bermain
7.
Mengetahui
situasi yang membahayakan diri
8.
Memahami
tata cara menyebrang
9.
Mengenal
kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minuman keras)
|
|
|
LINGKUP PERKEMBANGAN
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|||
|
USIA 3-4 TAHUN
|
USIA 4-5 TAHUN
|
USIA 5-6 TAHUN
|
||
|
IV. Kognitif
A. Belajar dan Pemecahan Masalah
|
1.
Paham
bila ada bagian yang hilang dari suatu pola gambar seperti pada gambar wajah
orang matanya tidak ada, mobil bannya copot, dsb
2.
Menyebutkan
berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau cabai)
3.
Menyebutkan
berbagai macam kegunaan dari benda
4.
Memahami
persamaan antara dua benda
5.
Memahami
perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama seperti membedakan antara buah
rambutan dan pisang; perbedaan antara ayam dan kucing
6.
Bereksperimen
dengan bahan menggunakan cara baru
7.
Mengerjakan
tugas sampai selesai
8.
Menjawab
apa yang akan terjadi selanjutnya dari berbagai kemungkinan
9.
Menyebutkan
bilangan angka 1-10
10. Mengenal beberapa huruf atau abjad tertentu
dari A-z yang pernah dilihatnya
|
1.
Mengenal
benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.
Mengenal
konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
temaram, dsb)
4.
Mengetahui
konsep banyak dan sedikit
5.
Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah
6.
Mengamati
benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
7.
Mengenal
pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8.
Memahami
posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai
peserta didik/anak/teman)
|
1.
Menunjukkan
aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi
ketika air ditumpahkan)
2.
Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan
diterima sosial
3.
Menerapkan
pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.
Menunjukkan
sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
|
|
|
B. Berfikir
Logis
|
1.
Menempatkan
benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
2.
Mulai
mengikuti pola tepuk tangan
3.
Mengenal
konsep banyak dan sedikit
4.
Mengenali
alasan mengapa ada sesuatu yang tidak masuk dalam kelompok tertentu
5.
Menjelaskan
model/karya yang dibuatnya
|
1.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2.
Mengenal
gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3.
Mengklasifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
|
1.
Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”
2.
Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo kita bermain pura-pura
seperti burung”)
3.
Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.
Mengenal
sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiupmenyebabkan daun bergerak,
|
|
|
LINGKUP PERKEMBANGAN
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|||
|
USIA 3-4 TAHUN
|
USIA 4-5 TAHUN
|
USIA 5-6 TAHUN
|
||
|
|
|
4.
Mengenal
pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
5.
Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
|
air dapat menyebabkan sesuatu
menjadi basah)
5.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.
Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang
sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.
Mengenal
pola ABCD-ABCD
8. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari
paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
|
|
C. Berfikir
Simbolik
|
1.
Menyebutkan
peran dan tugasnya (misal, koki tugasnya memasak)
2.
Menggambar
atau membentuk sesuatu konstruksi yang mendeskripsikan sesuatu yang spesifik
3.
Melakukan
aktivitas bersama teman dengan terencana (bermain berkelompok dengan
memainkan peran tertentu seperti yang telah direncanakan)
|
1.
Membilang
banyak benda satu sampai sepuluh
2.
Mengenal
konsep bilangan
3.
Mengenal
lambang bilangan
4.
Mengenal
lambang huruf
|
1.
Menyebutkan
lambang bilangan 1-10
2.
Menggunakan
lambang bilangan untuk menghitung
3.
Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
4.
Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
5. Merepresentasikan berbagai macam benda dalam
bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar
pensil)
|
|
|
II. Bahasa
A. Memahami bahasa
|
1.
Pura-pura
membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri
2.
Mulai
memahami dua perintah yang diberikan bersamaan contoh: ambil mainan di atas
meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik
|
1.
Menyimak
perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.
Mengerti
dua perintah yang diberikan bersamaan
3.
Memahami
cerita yang dibacakan
4.
Mengenal
perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
5.
Mendengar
dan membedakan bunyi-bunyian dalam Bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan
harus sama)
|
1.
Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
2.
Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
3.
Memahami
aturan dalam suatu permainan
4.
Senang
dan menghargai bacaan
|
|
|
LINGKUP PERKEMBANGAN
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|||
|
USIA 3-4 TAHUN
|
USIA 4-5 TAHUN
|
USIA 5-6 TAHUN
|
||
|
B. Mengungkapkan Bahasa
|
1.
Mulai
menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (6 kata)
2.
Mulai
menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
|
1.
Mengulang
kalimat sederhana
2.
Bertanya
dengan kalimat yang benar
3.
Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
4.
Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
5.
Menyebutkan
kata-kata yang dikenal
6.
Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
7.
Menyatakan
alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.
Menceritakan
kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9.
Memperkaya
perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi dalam percakapan
|
1.
Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
2.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.
Berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol
untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.
Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5.
Memiliki
lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
6.
Melanjutkan
sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.
Menunjukkkan
pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
|
|
|
C. Keaksaraan
|
|
1.
Mengenal
simbol-simbol
2.
Mengenal
suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
3.
Membuat
coretan yang bermakna
4.
Meniru
(menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z
|
1.
Menyebutkan
simbol-simbol huruf yang dikenal
2.
Mengenal
suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
4.
Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.
Membaca
nama sendiri
6.
Menuliskan
nama sendiri
7.
Memahami
arti kata dalam cerita
8.
|
|
|
LINGKUP PERKEMBANGAN
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|||
|
USIA 3-4 TAHUN
|
USIA 4-5 TAHUN
|
USIA 5-6 TAHUN
|
||
|
V. Sosial-emosional
A. Kesadaran Diri
|
1.
Mengikuti
aktivitas dalam suatu kegiatan besar (misal: piknik)
2.
Meniru
apa yang dilakukan orang dewasa
3.
Bereaksi
terhadap hal-hal yang tidak benar (marah bila diganggu)
4.
Mengatakan
perasaan secara verbal
|
1.
Menunjukkan
sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2.
Mengendalikan
perasaan
3.
Menunjukkan
rasa percaya diri
4.
Memahami
peraturan dan disiplin
5.
Memiliki
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6.
Bangga
terhadap hasil karya sendiri
|
1.
Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.
Memperlihatkan
kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada
orang dewasa yang tepat)
3.
Mengenal
perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
wajar)
|
|
|
B. Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang
lain
|
1.
Mulai
bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
2.
Bersabar
menunggu gilira.
3.
Mulai
menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompo.
4.
Mulai
menghargai orang lain.
5.
Mulai
menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan
|
1.
Menjaga
diri sendiri dari lingkungannya
2.
Menghargai
keunggulan orang lain
3.
Mau
berbagi, menolong, dan membantu teman
|
1.
Tahu
akan hak nya
2.
Mentaati
aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.
Mengatur
diri sendiri
4.
Bertanggung
jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
|
|
|
C. Perilaku Prososial
|
1.
Membangun
kerjasama
2.
Memahami
adanya perbedaan perasaan (teman takut, saya tidak)
3.
Meminjam
dan meminjamkan mainan
|
1.
Menunjukan
antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2.
Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.
Menghargai
orang lain
4.
Menunjukkan
rasa empati
|
1.
Bermain
dengan teman sebaya
2.
Mengetahui
perasaan temannya dan merespon secara wajar
3.
Berbagi
dengan orang lain
4.
Menghargai
hak/pendapat/karya orang lain
5.
Menggunakan
cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan
fikiran untuk menyelesaikan masalah)
6.
Bersikap
kooperatif dengan teman
7.
Menunjukkan
sikap toleran
8.
Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
|
|
|
LINGKUP PERKEMBANGAN
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|||
|
USIA 3-4 TAHUN
|
USIA 4-5 TAHUN
|
USIA 5-6 TAHUN
|
||
|
|
|
|
9.
Mengenal
tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
|
|
|
VI. Seni
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau
suara
|
1.
Mengenali
berbagai macam suara dari kendaraan
2.
Meminta
untuk diperdengarkan lagu favorit secara berulang
|
1.
Senang
mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.
Memainkan
alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
|
1.
Anak
bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.
Memainkan
alat musik/instrumen/benda bersama teman
|
|
|
B. Tertarik dengan kegiatan seni
|
10.
1.
Mendengarkan
atau menyanyikan lagu
2.
Menggerakkan
tubuh sesuai irama
3.
Bertepuk
tangan sesuai irama musik
4.
Meniru
aktivitas orang baik secara langsung maupun melalui media. (misal, cara
minum/cara bicara/perilaku seperti ibu)
5.
Bertepuk
tangan dengan pola yang berirama (misalnya bertepuk tangan sambil mengikuti
irama nyanyian)
|
1.
Memilih
jenis lagu yang disukai
2.
Bernyanyi
sendiri
3.
Menggunakan
imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.
Membedakan
peran fantasi dan kenyataan
5.
Menggunakan
dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.
Mengekspresikan
gerakan dengan irama yang bervariasi
7.
Menggambar
objek di sekitarnya
8.
Membentuk
berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
9.
Mendeskripsikan
sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak
menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10. Mengkombinasikan berbagai warna ketika
menggambar atau mewarnai
|
1.
Menyanyikan
lagu dengan sikap yang benar
2.
Menggunakan
berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan
suatu irama atau lagu tertentu
3.
Bermain
drama sederhana
4.
Menggambar
berbagai macam bentuk yang beragam
5.
Melukis
dengan berbagai cara dan objek
6.
Membuat
karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin,
balok, dll)
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar