Senin, 20 April 2020

STPPA(STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN ANAK) TAMAN KANAK-KANAK


LAMPIRAN 1 PERMENDIKBUD 137 TAHUN 2014
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
KELOMPOK USIA 3-6 TAHUN
LINGKUP PERKEMBANGAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
USIA 3-4 TAHUN
USIA 4-5 TAHUN
USIA 5-6 TAHUN
I. Nilai Agama dan Moral


1.    Mengetahui perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
2.    Mengetahui arti kasih dan sayang kepada ciptaan Tuhan
3.    Mulai meniru doa pendek sesuai dengan agamanya


1.    Mengetahui agama yang dianutnya
2.    Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3.    Mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4.    Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk
5.    Membiasakan diri berperilaku baik
6.    Mengucapkan salam dan membalas salam


1.    Mengenal agama yang dianut
2.    Mengerjakan ibadah
3.    Berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
4.    Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
5.    Mengetahui hari besar agama
6.    Menghormati (toleransi) agama orang lain

II. Fisik-Motorik
A. Motorik Kasar


1.    Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
2.    Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
3.    Meniti di atas papan yang cukup lebar
4.    Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak)
5.    Meniru gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat)
6.    Berdiri dengan satu kaki






1.    Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
2.    Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
3.    Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.    Melempar sesuatu secara terarah
5.    Menangkap sesuatu secara tepat
6.    Melakukan gerakan antisipasi
7.    Menendang sesuatu secara terarah
8.    Memanfaatkan alat permainan di luar kelas


1.    Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan
2.    Melakukan koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.    Melakukan permainan fisik dengan aturan
4.    Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
5.    Melakukan kegiatan kebersihan diri

LINGKUP PERKEMBANGAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
USIA 3-4 TAHUN
USIA 4-5 TAHUN
USIA 5-6 TAHUN

B. Motorik Halus


1.    Menuang air, pasir, atau biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember)
2.    Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
3.    Meronce benda yang cukup besar
4.    Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus


1.    Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2.    Menjiplak bentuk
3.    Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.    Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.    Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.    Mengontrol gerakan tangan yang meggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)


1.    Menggambar sesuai gagasannya
2.    Meniru bentuk
3.    Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.    Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar
5.    Menggunting sesuai dengan pola
6.    Menempel gambar dengan tepat
7.    Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci


C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan


1.    Berat badan sesuai Tingkat usia
2.    Tinggi badan sesuai Tingkat usia
3.    Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.    Lingkar kepala sesuai Tingkat usia
5.    Membersihkan kotoran (ingus)
6.    Menggosok gigi
7.    Memahami arti warna lampu lalu lintas
8.    Mengelap tangan dan muka sendiri
9.    Memahami kalau berjalan di sebelah kiri


1.    Berat badan sesuai tingkat usia
2.    Tinggi badan sesuai tingkat usia
3.    Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.    Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.    Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.    Memahami berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7.    Mengenal rambu lalu lintas yang ada di jalan


1.    Berat badan sesuai tingkat usia
2.    Tinggi badan sesuai standar usia
3.    Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.    Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.    Menutup hidung dan mulut (misal, ketika batuk dan bersin)
6.    Membersihkan, dan membereskan tempat bermain
7.    Mengetahui situasi yang membahayakan diri
8.    Memahami tata cara menyebrang
9.    Mengenal kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minuman keras)




LINGKUP PERKEMBANGAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
USIA 3-4 TAHUN
USIA 4-5 TAHUN
USIA 5-6 TAHUN
IV. Kognitif
A. Belajar dan Pemecahan Masalah


1.    Paham bila ada bagian yang hilang dari suatu pola gambar seperti pada gambar wajah orang matanya tidak ada, mobil bannya copot, dsb
2.    Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau cabai)
3.    Menyebutkan berbagai macam kegunaan dari benda
4.    Memahami persamaan antara dua benda
5.    Memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama seperti membedakan antara buah rambutan dan pisang; perbedaan antara ayam dan kucing
6.    Bereksperimen dengan bahan menggunakan cara baru
7.    Mengerjakan tugas sampai selesai
8.    Menjawab apa yang akan terjadi selanjutnya dari berbagai kemungkinan
9.    Menyebutkan bilangan angka 1-10
10. Mengenal beberapa huruf atau abjad tertentu dari A-z yang pernah dilihatnya


1.    Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.    Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.    Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
4.    Mengetahui konsep banyak dan sedikit
5.    Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
6.    Mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
7.    Mengenal pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8.    Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai peserta didik/anak/teman)


1.    Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
2.    Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial
3.    Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.    Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)


B. Berfikir Logis


1.    Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
2.    Mulai mengikuti pola tepuk tangan
3.    Mengenal konsep banyak dan sedikit
4.    Mengenali alasan mengapa ada sesuatu yang tidak masuk dalam kelompok tertentu
5.    Menjelaskan model/karya yang dibuatnya


1.    Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2.    Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3.    Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi

1.    Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”
2.    Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo kita bermain pura-pura seperti burung”)
3.    Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.    Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiupmenyebabkan daun bergerak,

LINGKUP PERKEMBANGAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
USIA 3-4 TAHUN
USIA 4-5 TAHUN
USIA 5-6 TAHUN



4.    Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
5.    Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna


air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
5.    Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.    Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.    Mengenal pola ABCD-ABCD
8.    Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya

C. Berfikir Simbolik


1.    Menyebutkan peran dan tugasnya (misal, koki tugasnya memasak)
2.    Menggambar atau membentuk sesuatu konstruksi yang mendeskripsikan sesuatu yang spesifik
3.    Melakukan aktivitas bersama teman dengan terencana (bermain berkelompok dengan memainkan peran tertentu seperti yang telah direncanakan)

1.    Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
2.    Mengenal konsep bilangan
3.    Mengenal lambang bilangan
4.    Mengenal lambang huruf


1.    Menyebutkan lambang bilangan 1-10
2.    Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
3.    Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
4.    Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
5.    Merepresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)

II. Bahasa
A. Memahami bahasa


1.    Pura-pura membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri
2.    Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan contoh: ambil mainan di atas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik


1.    Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.    Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan
3.    Memahami cerita yang dibacakan
4.    Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.    Mendengar dan membedakan bunyi-bunyian dalam Bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)


1.    Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
2.    Mengulang kalimat yang lebih kompleks
3.    Memahami aturan dalam suatu permainan
4.    Senang dan menghargai bacaan

LINGKUP PERKEMBANGAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
USIA 3-4 TAHUN
USIA 4-5 TAHUN
USIA 5-6 TAHUN

B. Mengungkapkan Bahasa


1.    Mulai menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (6 kata)
2.    Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana


1.    Mengulang kalimat sederhana
2.    Bertanya dengan kalimat yang benar
3.    Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
4.    Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.    Menyebutkan kata-kata yang dikenal
6.    Mengutarakan pendapat kepada orang lain
7.    Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.    Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9.    Memperkaya perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi dalam percakapan


1.    Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
2.    Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.    Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.    Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5.    Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
6.    Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.    Menunjukkkan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita


C. Keaksaraan



1.    Mengenal simbol-simbol
2.    Mengenal suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
3.    Membuat coretan yang bermakna
4.    Meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z


1.    Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
2.    Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3.    Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
4.    Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.    Membaca nama sendiri
6.    Menuliskan nama sendiri
7.    Memahami arti kata dalam cerita
8.     




LINGKUP PERKEMBANGAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
USIA 3-4 TAHUN
USIA 4-5 TAHUN
USIA 5-6 TAHUN
V. Sosial-emosional
A. Kesadaran Diri


1.    Mengikuti aktivitas dalam suatu kegiatan besar (misal: piknik)
2.    Meniru apa yang dilakukan orang dewasa
3.    Bereaksi terhadap hal-hal yang tidak benar (marah bila diganggu)
4.    Mengatakan perasaan secara verbal


1.    Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2.    Mengendalikan perasaan
3.    Menunjukkan rasa percaya diri
4.    Memahami peraturan dan disiplin
5.    Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6.    Bangga terhadap hasil karya sendiri


1.    Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.    Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang tepat)
3.    Mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar)


B. Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain


1.    Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
2.    Bersabar menunggu gilira.
3.    Mulai menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompo.
4.    Mulai menghargai orang lain.
5.    Mulai menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan


1.    Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
2.    Menghargai keunggulan orang lain
3.    Mau berbagi, menolong, dan membantu teman


1.    Tahu akan hak nya
2.    Mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.    Mengatur diri sendiri
4.    Bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri


C. Perilaku Prososial


1.    Membangun kerjasama
2.    Memahami adanya perbedaan perasaan (teman takut, saya tidak)
3.    Meminjam dan meminjamkan mainan


1.    Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif

2.    Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.    Menghargai orang lain
4.    Menunjukkan rasa empati


1.    Bermain dengan teman sebaya
2.    Mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar
3.    Berbagi dengan orang lain

4.    Menghargai hak/pendapat/karya orang lain
5.    Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah)
6.    Bersikap kooperatif dengan teman
7.    Menunjukkan sikap toleran
8.    Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
LINGKUP PERKEMBANGAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
USIA 3-4 TAHUN
USIA 4-5 TAHUN
USIA 5-6 TAHUN



9.    Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat

VI. Seni
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara


1.    Mengenali berbagai macam suara dari kendaraan
2.    Meminta untuk diperdengarkan lagu favorit secara berulang


1.    Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.    Memainkan alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur


1.    Anak bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.    Memainkan alat musik/instrumen/benda bersama teman


B. Tertarik dengan kegiatan seni

10.  
1.    Mendengarkan atau menyanyikan lagu
2.    Menggerakkan tubuh sesuai irama
3.    Bertepuk tangan sesuai irama musik
4.    Meniru aktivitas orang baik secara langsung maupun melalui media. (misal, cara minum/cara bicara/perilaku seperti ibu)
5.    Bertepuk tangan dengan pola yang berirama (misalnya bertepuk tangan sambil mengikuti irama nyanyian)


1.    Memilih jenis lagu yang disukai
2.    Bernyanyi sendiri
3.    Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran

4.    Membedakan peran fantasi dan kenyataan
5.    Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.    Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7.    Menggambar objek di sekitarnya
8.    Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)

9.    Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10. Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai


1.    Menyanyikan lagu dengan sikap yang benar
2.    Menggunakan berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu tertentu
3.    Bermain drama sederhana

4.    Menggambar berbagai macam bentuk yang beragam
5.    Melukis dengan berbagai cara dan objek
6.    Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar